Sulut

Miris !! 56.893 Jumlah DPT Tak Mampu Kirim Perwakilan di DPRD Provinsi Sulut

BOLMUT,dutademokrasi.com Pleno rekaitulasi Pilpres dan Pileg baik tingkatan Kabupaten, Provinsi dan bahkan tingkat Nasional telah selesai dilaksanakan oleh pihak Penyelenggara,dan pada pelno tersebut pun menjawab akan teka teki masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) akan nasib para Calon Anggota Legislatif didewan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang berasal dari kabupaten Bolmut dimana pada periode 2019 – 2024 ini tidak dapat mengirimkan utuannya di lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat Provinsi seperti periode sebelumnya yang mampu mengirimkan utusan.

Menanggapi, salah satu tokoh politik Bolmut, Rustam Nani saat dimintai tanggapannya, mengatakan sangat menyayangkan absennya perwakilan Masyarakat Bolmut pada pileg 2019 digedung cingkeh pada pileg 2019 ini.

Sejak Bolmut di mekarkan, setiap pileg bolmut dapat mengirim perwakilanya ke Provisi. Tapi jujur saya jadi heran pileg 2019 ini, sepertinya dari 4 kabupaten dan satu kota di Bolmong Raya ternyata hanya Bolmut yg gagal mengirim wakil rakyatnya ke provinsi,” ujarnya Nani.

Dia pun mengungkapkan, bahwa ini sebetulnya merupakan tamparan bagi kita semua, mengapa Daerah lain yang DPT nya berada dibawah kabupaten Bolmut mampu mengirimkan perwakilan di DPRD Provinsi Sulut.

“Sementara kita yang jumlah pemilhnya ada di kisaran 56.893 ribu justru gigit jari, dibandingkan dengan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan yang DPT nya hanya berkisar 45.513 dan Kabupaten Bolaang Mongondow Tmur yang DPT nya hanya berkisar 53.517 mampu mengirimkan utusannya di DPRD Provinsi Sulut pada pileg 2019 ini, dan inipun tidak bisa serta merta disalhkan ke masyarakat yang sudah menggunakan hak pilih. Namun saya melihat sepertinya ini efek dari kurangnya komunikasi politik yang sifatnya terstruktur.” jelasnya.

Dia pun berharap, perlu adanya komunikasi politik antara para politisi dan stackholder yang ada dikabupaten Bolmut agar kedepannya absennya perwakilan masyarakat Bolmut di DPRD Provinsi Sulut seperti saat ini tidak akan kembali terjadi.

“Karena bicara soal caleg provinsi, kita tidak lagi melihat siapa dan dari partai apa, tapi kita harus berani memutuskan siapa yg layak untuk didorong menjadi keterwakilan di provinsi.nah dalam hal memutuskan inilah saya kira perlu dilakukan komunikasitingkat tinggi oleh para politisi dan stakehoulder.andaikata ini dilakukan jangankan satu perwakilan kita kirim, dua sampai tiga perwakilan bisa kita kirim.tapi biarlah ini menjadi catatan sejarah,boleh jadi kita rapuh hari ini, tapi kedepan kita harus lebih solid demi daerah yang kita cintai ini,”tutup Rustam.

Berikut Jumlah DPT dimasing – masing Kabupaten dan Kota didapil IV Bolaang Mongondow Raya (BMR) :
1. DPT Kota Kotamobagu 90.940.
2. DPT Bolaang Mongondow 172.192.
3. DPT Bolaang Mongondow Utara 56.893.
4. DPT Bolaang Mongondow Timur 53.517
5. DPT Bolaang Mongondow Selatan 45.513

(Jaya)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

TERPOPULER

To Top