Bolmong

Gubernur MoU Investasi Sulut, Bolmong Masuk Area Industri

BOLMONG, dutademokrasi.com— Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambei telah menandatangani Momerandum of Understanding (MoU) bersama dengan para investor dunia untuk pengembangan industri di Sulawesi Utara (Sulut). Kabupaten Bolaang Mongondow menjadi salah satu daerah industri yang dilirik oleh investor dunia.
Dalam acara Konferensi Tingkat Menteri Archipelagic Island State (AIS) Forum, Startup and Business Sumit 2019 oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Bapak Luhut Binsar Panjaitan yang diikuti oleh 41 Negara Pulau dan 6 Negara Kepulauan dari Kawasan Pasifik Selatan, Karibia, Asia, Afrika dan Eropa, Kamis (31/10/2019) kesepakatan bersama tersebut dibuat.
Kerja sama yang dilakukan oleh Gubernur Olly Dondokambei tersebut, membuka peluang kerja bagi Warga Sulawesi Utara, termasuk Kabupaten Bolaang Mongondow. “Dengan demikian akan akan semakin bertambah dan berkembang dunia industri di Sulut dapat membuka lapangan kerja yang sangat besar untuk warga Sulut,” kata Gubernur.
Bupati Bolaang Mongondow Dra Hj Yasti S Mokoagow hadir dalam pelaksanaan tersebut. Sebagai daerah yang nantinya dijadikan sebagai daerah industri, menyambut dengan baik pelaksanaan ini. Hadir bersama Kepala Bapeda Yarlis Hasan tak ingin kehilangan momentum tersebut.
PT KIM adalah anak perusahaan dari Paramount Enterpraise, perusahaan investasi kelas Nasional yang bergerak dibidang property, hotel dan hospitality, healthcare dan energy.
Dalam MoU yang telah disepakati bersama, PT KIM yang memiliki lahan sekitar 1.500 hektar dan terbagi di tiga desa diantaranya desa Tuyat, desa Diat, dan desa Solog, Kabupaten Bolaang Mongondow, nantinya akan dijadikan kawasan industri, salah satu industri yang ada di Sulut.
Melalui Kepala Bapeda Yarlis Hatam mengatakan PT KIM untuk wilayah Bolaang Mongondow akan mengawali kerja samanya dengan membangun pabrik industinya. “Tahap awal pembangunan pabtik di kawasan industri, setelah itu akan ada pengembangan lagi untuk wisata,” Singkat Yarlis.
Selain membangun pabrik, diketahui juga PT KIM akan mengembangkan potensi wisata Kabupaten Bolaang Mongondow, salah satu yang dilirik adalah pulau tiga. Tidak hanya itu, PT KIM juga berencana membangunan hotel bintang lima di wilayah Kecamatan Sang Tombolang, tepat berhadapan dengan pulau tiga. “Jadi pariwisata Bolmong akan ditunjang dengan hotel berbintang,” terangnya.
Bupati Bolaang Mongondow, Yasti S Mokoagow belum lama ini, menerima langsung kunjungan dari Elzabeth Sindoro, salah satu pemilik PT Paramount Enterpraise“Mudah-mudahan ada keseriusan dari pihak investor dalam membangun kerja sama dengan daerah ini,” harapnya.
Sebagaimana MoU yang telah disepakati bersama, kerjasama ini berfokus pada empat area kolaborasi yaitu Blue Economy, Mitigasi Perubahan Iklim dan Bencana, Polusi Laut Akibat Sampah Plastik, serta Good Ocean and Maritime Governance. (**)
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

TERPOPULER

Loading...
To Top