Advertorial

Bahas RKPD Tahun 2020, Pemkab Bolsel Gelar Musrembang Tingkat Kabupaten

BOLSEL,dutademokrasi.com Bupati Bolaang Momgondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru, Spt membuka kegiatan Musrembang tingkat Kabupaten untuk Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020, yang dilaksanakan di Gedung Gren Fajar Soguo, Senin (18/03/2019).

Dalam sambutanya Bupati mengatakan bahwa rencana prmbangunan daerah meliputi rencana pembangunan jangka panjang (RPJPD) rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) maupun rencana kerja pembangunan daerah (RKPD).

“Rencana pembangunan daerah tersebut merupakan dokumen perencanaan pembangunan yang wajib disusun, rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) sendiri mempunyai peranan sangat strategis karena menjembatani antara kepentingan petencanaan strategis jangka menengah dengan perencanaan dan penganggaran tahunan,” ujar bupati.

Bupati juga mengatakan bahwa, Musrembang RKPD Kabupaten ini bertujuan untuk membahas rancangan RKPD kabupaten yang akan dilaksanakan.

“Ada beberapa poin dalam pembahasan ini yang bertujuan untuk membahas rancangan RKPD kabupaten yang akan dilaksanakan diantaranya menyepakati permasalahan pembangunan daerah, menyepakati prioritas pembangunan daerah, menyepakati program, kegiatan, pagu infdikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi, penyelarasan program dan kegiatan prmbangunan daerah dengan sasaran dan prioritas prmbangunan provinsi, kemudian klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah kabupaten/kota dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil musrembang kecamatan,” jelas Kamaru.

Dengan demikian kata bupati, hasil Musrembang RKPD Kabupaten ini sangat penting dalam rangka menentukan arah kebijakan pembangunan Kabupaten Bolsel Tahun 2020 dan mewujudkan perencanaan program dan kegiatan pembangunan Tahun 2020 yang terintegrasi dan berkelanjutan dengan RPJMD Kabupaten Bolsel tahun 2016-2021.

“Dengan pelaksanaan musrembang RKPD kabupaten ini diharapkan dapat terwujud koordinasi, sinergitas, efisiensi dan efektifitas dalam penyusunan prioritas rencana program kegiatan dan anggaran yang akan dituangkan dalam RKPD tahun 2020, dan perlu diketahui mulai tahun ini pemkab bolsel mulai menerapkan sistem sistem perencanaan (E-Planning) yang terintegritas secara elektronik untuk menjaga konsistensi perencanaan dan pengangaran,” ungkap iskandar.

Sebelum mengakhiri sambutanya Bupati juga menyampaikan Bahwa hasil Musrembang RKPD Kabupaten pada hari ini, selanjutnya akan menjadi bahan penyempurnaan rancangan akhir RKPD Kabupaten Bolsel Tahun 2020.

“Untuk itu kami harapkan pelaksanaan musrembang RKPD Kabupaten ini nantinya dapat berjalan dengan lancar dan terkoordinir untuk selanjutnya dapay menghasilkan dokumen RKPD Kabupaten Bolsel yang berkualitas yang akan kita jadikan landasan awal penyusunan rancangan APBD nanti pada tahun 2020,” tutup kamaru.

Hadir dalam kegiatan Musrembang ini diantaranya Bapeda Provinsi Sulut, Pimpinan DPRD, Sekertaris Daerah (Sekda),Kapolsek Urban Bolaang Uki, Perwira Penghubung, Para Asisten, Pimpinan OPD, Camat, Sangadi, BUMD, Serta Tokoh Masyarakat.

(Utha)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

TERPOPULER

To Top