Bolsel

Program Campak Rubella Masuk Desa dan Sekolah Kecamatan Helumo

BOLSEL, dutademokrasi.com Program Campak Rubella yang diselenggarakan secara nasional di seluruh Indonesia mulai berjalan. Pencanangan program ini, untuk Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan digelar langsung oleh Wakil Bupati Iskandar Kamaru SPt, Rabu (1/8/2018) di Lapangan Molibagu.
Program yang terselenggara melalui Kementerian Kesehatan yang dijabarkan oleh Dinas Kesehatan masing-masing Kabupaten/kota mulai berjalan dari desa hingga ke sekolah-sekolah. Seperti dilakukan oleh Puskesmas Duminanga Kecamatan Helumo Kabupaten Bolsel  Kamis (2/8/2018).
Kepala Puskesmas Duminanga Sri Wahyuni Kadullah S. Kep memimpin secara langsung turun melaksanakan vaksin Campak Rubella bersama tim kesehatan Puskesmas Duminanga. “Selaku kepala Puskesmas, saya turun secara langsung untuk menanganinya. Hal ini sebagai motifasi kepada staf yang ada di wilayah, juga meninjau secara langsung dilapangan program yang dijalankan ini,” kata Sri Wahyuni.
Program ini akan berjalan selama sebulan penuh terhitung 1 Agustus hingga September mendatang dengan target 100 persen capaian daerah. “Secara langsung juga, memberikan sosialisasi juga kepada pihak sekolah untuk memahami betapa pentingnya Campak Rubella ini,” jelas Kapus Duminanga.
Pelaksanaannya bukan hanya dilakukan di sekolah melainkan di Posyandu-Posyandu 11 Desa di Kecamatan Helumo Kabupaten Bolsel. “Begitu juga bagi anak balita, kami juga melakukan pendataan dan berkoordinasi dgn pemerintah desa melalui pustu dan bidan kampung untuk kelancaran program ini semua dilakukan di Kecamatan Helumo 11 desa,” ungkapnya.
Pihaknya juga berharap, melalui program ini, dapat berjalan sesuai dengan harapan bangsa. “Intinya kita menginginkan melalui program ini maka harapan generasi mendatang akan sehat dan memiliki kecerdasan,” harapnya.
Kapus juga menambahkan, kedepannya untuk tiap-tiap desa, dapat membantu tenaga kesehatan yang turun secara langsung ke desa untuk menjabarkan program yang dilaksanakan secara masional ini. “Terlaksananya program ini tentunya tak lepas juga dari peran pemerintah desa yang ikut bersama dalam menjabarkan program nasional Campak Rubella,” ujar Sri Wahyuni. (cp)
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top