Bolsel

Tarian Adat Mokotilo dan Dana-Dana Hibur Pembukaan MTQ Sulut ke XXVII Bolsel

BOLSEL, dutademokrasi.com Tarian adat daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Tari Mokotilo dan Dana-Dana menjadi hiburan dalam pelaksanaan acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Menariknya, tari-tarian ini digelar secara masal oleh gabungan siswa SD-SMP se Kabupaten Bolsel.

Tarian Dana-Dana

Kepala Bidang Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Bolsel Delfian Giputra Tanta yang juga tegabung dalam panitia pelaksana kegiatan MTQ Sulut ke XXVII, Kamis (3/5/2018) kepada wartawan mengaku puas dengan hasil penampilan tari-tarian tersebut. “Kami mempersiapkannya dari jauh-jauh hari sebelumnya. Proses latihan dilaksanakan selama dua bulan lamanya. Totalitas Bulan April lalu diilokasi pelaksanaan. Efektifnya di bulan terakhir ini,” kata Eping sapaan akrapnya.

Peragaan tari-tarian tersebut, diikuti oleh kurang lebih 600 orang peserta didik dari tingkat SD dan SMP se Kabupaten Bolsel. “Kami mengumpulkan dari seluruh sekolah se Kabupaten Bolsel. Jumlah keseluruhan yang ikut dalam tari-tarian ini sekitar kurang lebih enam ratusan orang anak didik,” jelas Eping.

Dia berharap, dengan peragaan tari-tarian daerah yang diperagaan dalam setiap iven daerah dapat menjadi referensi dalam pengenalan budaya Kabupaten Bolsel. “Tentunya kami berharap, tari-tarian milik daerah dapat dikenal juga oleh masyarakat luas, sehingga Bolsel juga dikenal dengan ragam budaya yang ada secara turun-temurun dari setiap generasi yang ada,” jelasnya. (cp)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top