Ini Sosok di Balik Suara Panggilan, “Pintu Teater Telah Dibuka” di Bioskop Indonesia!

0
Maria Oentoe

BOLMUT,  dutademokrasi.com – Kamu tahu siapa sosok di balik panggilan, “Pintu teater telah dibuka” yang sering kamu dengar di bioskop Indonesia? Ternyata ia adalah Maria Oentoe lho.

Maria Oentoe, berprofesi sebagai dubber profesional yang suaranya telah digunakan oleh Cineplex 21 sejak tahun 1987 sampai sekarang.

Maria Oentoe memulai karirnya sejak bergabung di studio penyiaran bernama Sanggar Prathivi di tahun 60-an. Di sana, Maria Oentoe remaja belajar banyak teknik seni suara untuk segala kebutuhan.

Karena kepiawaiannya dalam seni suara, Maria Oentoe juga pernah menjabat sebagai penyiar Sonora dan mulai melebarkan karirnya ke dunia TV yaitu TVRI.

Di tahun 70-an, saat industri film belum secanggih sekarang, memang dialog pada film bukan keluar dari mulut sang pemain, tapi justru dari seorang dubber. Kala itu Maria Oentoe menjadi salah satu voice actress paling diburu karena suaranya yang berat dan jernih.

Baru lah pada tahun 1986, jaringan bioskop dari Cineplex 21 mulai dibuat dan langsung menggunakan suara Maria Oentoe yang hingga kini masih mempersilahkan kita masuk ke dalam teater.(Jaya/teen.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here