Musrembang Kecamatan Tomini Tuntas

0

BOLSEL, dutademokrasi.com— Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tingkat Kecamatan Tomini sudah terlaksana. Senin (12/2/2018), di aula Kantor Camat Tomini, pelaksanaan digelar.

Hadir dalam pelaksanaan tersebut Bupati H Herson Mayulu SIP yang diwakili oleh Asisten 2 Setda Djohan van Gobel SPd. Turut hadir juga Kepala Bappelitbangda Haripin Matulu, Dandramil dan Polsek Posigadan serta unsur OPD bolsel.

Dari Tomini, selain Pemeeintah Kecamatan, hadir juga seluruh Sangadi (Kepala desa,red) dan aparat desa, tokoh-tokoh masyrakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan BPD se Kecamatan Tomini.

Dalam sambutan Bupati yg diwakili Asisten 2 Setda Johan Van Gobel menyampaikan pentingnya pelaksanaan Musrenbang tingkt desa dan kecamatan sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 23 thun 2014 tentang pemerintahan daerah, singkronisasi program prioritas terhadal pembangunan desa, kecamatan dan kabupaten. “Dimana program yang sangat prioritas atau mendesak untuk kebutuhan masyarakat itu yang diutamakan ketimbang program pendukungnya kemudian hasilnya direkomendasikan bersama untuk dibahas ketingkatan kabupten yang akan dijabarkan oleh dinas, badan kantor terkait,” kata Asisten II.

Camat Tomini Suprin Mohulaingo juga mengatakan hasil musrebang tingkat Kecamatan Tomini lebih mengutamakan 3 program yg prioritas yang dibiayai oleh APBD, APBD Provinsi dan APBN diantaranya yaitu:

  1. Pembuatan jalan kebun, perluasan pemukiman desa, pengembangan jalan desa (pengaspalan) akses jalan pertanian.
  2. Pemberdayaan kelompok tani dan nelayan, dll.
  3. Pembuatan tanggul penahan gelombang/air pasang sepanjang pantai dimasing-masing desa se Kecamatan Tomini.

“Usulan ini yang diprioritaskan oleh desa,dan sebagian program prioritas sudah diakomodir di Dana Desa tidak lagi dimunculkan dalam Musrenbang tingkat kecamatan,” jelas Suprin. (cp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here