Bolsel

Dukcapil Bolsel Akan Galakan GISA

BOLSEL, dutademokrasi.com— Program Pemerintah Pusat Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) mulai akan diterapkan di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel). Program ini merupakan satu diantara program unggulan dari Kementrian Kependudukan yang wajib diaplikasikan oleh seluruh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) baik di kabupaten/kota.

“Jadi ini adalah program skala nasional, yang tujuannya menyadarkan masyarakat akan pentingnya administrasi kependudukan,” Kepala Disdukcapil Bolsel, Gunawan Otuh.

Selain itu gerakan tersebut juga bertujuan untuk mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) nanti, dimana wajib pilih minimal sudah melakukan perekaman data.

“Baik yang berumur 17 tahun dan seterusnya,” ujar Otuh.

Adapun poin GISA terbagi tiga, pertama sadar tentang apa. Dimulai dari sadar pentingnya dokumen kependudukan, sadar pentingnya data kependudukan yang benar, dan sadar pemanfaatan data kependudukan.

Kedua siapa yang harus sadar. Dimulai dari sadar masyarakatnya, sadar petugasnya, dan sadar lembaga pengguna data.

Ketiga tingkatkan gerakan sadar. Dimulai dari Desa/Kelurahan sadar administrasi penduduk (Adminduk), kecamatan sadar Adminduk, Provinsi sadar Adminduk, dan Indonesia sadar Adminduk.

“Kami akan sosialisasikan seiring dengan jalannya pendataan Kartu Identitas Anak (KIA),” tukasnya. (cp)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

TERPOPULER

To Top