Advertorial

Dekab Bolsel Hadiri Festival Tulude 2018

BOLSEL, dutademokrasi.com—Festival Tulude 2018 di Kecamatan Pinolosian Timur (Pintim), Rabu (31/1/2018), sukses digelar. Berbagai prosesi yang digelar dari siang hingga malam pelaksanaan Festival Tulude 2018. Dewan Kabupaten (Dekab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Ketua Abdi Van Gobel, Wakil Ketua Abdul Razak Bunsal, Ruslan Paputungan, Dedi Abdul Hamid, Petrus Kenny, Supatia Kobandaha ambil bagian memeriahkan dengan menghadiri langsung festival yang dipusatkan di Desa Dumagin A.

Suasana Festival Tulude

Tampak hadir Bupati H. Herson Mayulu, SIP dan Wakil Bupati Iskandar Kamaru, S.Pt, Gubernur Sulut Olly Dondokambey diwakili Kadis Pariwisata Provinsi  Daniel Wewengkang, Ketua TP PKK Kabupaten Bolsel Hj Muslimah Mayulu Mongilong, Wakil Ketua TP PKK Selpian Kamaru Manoppo, seluruh pejabat Pemkab Bolsel, para sangadi dan masyarakat.

Pemotongan Kue Tamo

Bupati Hi Herson Mayulu, SIP dan Wabup Iskandar Kamaru S.Pt saat memasuki lokasi kegiatan dijemput oleh tokoh adat. Prosesi Tulude diawali dengan ibadah yang dipimpin Pendeta Ir Benny Narasiang Sth Mt. hingga pemotongan kue Tamo yang dipimpin Sadaha (tokoh adat,red) di depan  Bupati Hi Herson Mayulu yang didaulat  sebagai Datung Banua (Raja, pemimpin daerah, red) dan Marembang Banua (Pemerintah daerah, red).

Ketua dan Wakil Ketua terlihat serius menyaksikan proses Tulude

Ketua Dewan, Abdi Van Gobel, SE sangat mengapresiasi Festival Tulude yang sudah menjadi program tahunan pemerintah daerah. “Budaya ini harus dipertahankan dan dijaga sehingga menjadi daya tarik tersendiri di Bolsel,” ungkapnya.

Kebersamaan Ketua dan Wakil Dekab

Dengan adanya Festival Tulude ini diharapkan Bolsel bisa lebih dikenal daerah lain. Dimana membuktikan Bolsel masih kaya akan budaya dan terus mempertahankan kearifan lokal di tengah tren kekinian. “Ayo kita lestarikan budaya lokal,” ajak Abdi. (firman)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top