BPKPD Gelar Bimtek Pengelolaan Barang Milik Daerah

0
Wakil Bupati Iskandar Kamaru SPt saat sambutan sekaligus membuka pelaksanaan Bimtek pengelolaan barang milik daerah

BOLSEL, dutademokrasi.com Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD), diawal tahun 2018 ini, kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan barang milik daerah. Pelaksanaan kegiatan yang digelar di Hotel Lagoon – Manado dibuka langsung oleh Wakil Bupati Iskandar Kamaru, SPt.

Penyamatan tanda peserta Bimtek oleh Wabup Iskandar Kamaru SPt

Pelaksanaan kegiatan ini, akan berlangsung selama 2 (dua) hari terhitung Senin (29/1/2018) hingga Selasa (30/1/2018). Dengan menghadirkan narasumber dari perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara dan dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara.

Dalam sambutanya Wakil Bupati Iskandar Kamaru SPt mengatakan aset daerah sebagai salah satu unsur penting dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat,  harus dikelolah dengan baik, benar serta akuntabel. “Ini menjadi tugas dan tanggung jawab kita semua baik bupati sebagai pemangkuh kekuasaan, pengelolaan barang daerah, sekretaris daerah sebagai pengelolah barang milik daerah, serta kepala satuan kerja sebagai pengguna barang milik daerah,” kata Wabup.

Suasana Pelaksanaan Bimtek di Hotel Lagoon -Manado

Lanjut Wabup, pengelolaan aset merupakan salah satu unsur penting pula yang menjadi landasan dalam menyusun laporan keuangan daerah. Maka dari itu, pengelolaannya harus dilakukan secara baik, tertib dan sitematis. “Untuk menggapai tujuan tersebut, Pemerintah Daerah perlu mempersiapkan aparatnya menghadapi perubahan mendorong pelaksanaan tata kelolah aset daerah sesuai dengan peraturan, efektip, efisien, transparan dan akuntabel agar laporan keuangan kita menuju Good Goverment (Pemerintahan yang baik),” tutur Wabup.

Untuk itu, Wabup mengharapkan kepada para peserta yang mengikuti Bimtek tersebut, untuk mengikuti kegiatan ini dengan seksama dan bersungguh-sungguh. Dapat mencermati dengan baikdan melaksanakan segala aturan dalam pengelolaan barang daerah sehingga dapat memahami dengan baik dan meaksanakan dengan benar. “Para pengurus barang yang ikut dalam kegiatan Bimtek ini merupakan ujung tombak dalam pengelolaan aset atau barang milik daerah di satuan kerja masing-masing.

foto bersama

“Lakukan pengelolaan aset daerah secara baik dan benar sehingga tercapai efektivitas dan efisiensi pengelolaan aset daerah. Apa yang dipelajari di dalam pelaksanaaan Bimtek ini, jadikan sebagai pegangan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepada bapak-ibu para peserta yang ada,” ujar Wabup, sembari membuka pelaksanaan Bimtek pengelolaan barang milik daerah, sekaligus penyamatan tanda peserta bimtek kepada dua orang peserta di ikuti oleh seluruh peserta yang ada.

Hadir juga mendampingi Wakil Bupati Iskandar kamaru SPt, Asisten III Ridel Paputungan dan Kepala BPKPD Lasya Mamonto. (firman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here