Bolsel

Bolsel Aman dari Penyakit Difteri

BOLSEL, dutademokrasi.comPenyakit Difteri yang beberapa bulan belakangan ini membuat resah masyarakat Indonesia akan dampak yang dialaminya, sudah masuk pada kategori Kejadian Luar Biasa (KLB). Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) sendiri sampai saat ini belum ada yang menderita penyakit tersebut alias masih aman.

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Sadli Mokodongan mengatakan sejauh ini di Bolsel belum ada laporan peyakit tersebut baik sudah positif maupun baru gejala. “Dari laporan-laporan sejauh ini belum ada baik yang positif maupun yang baru gejala,” ungkap Mokodongan kepada dutademokrasi.com.

Lanjutnya, penyakit difteri merupakan infeksi yang disebabkan oleh kuman Corynebacterium diphtheriare yang sangat mudah menular dan berbahaya. “Penularan dapat terjadi tidak hanya dari penderita saja, namun juga dari pembawa baik anak maupun dewasa yang tampak sehat kepada orang-orang di sekitarnya,” terangnya.

Upaya pencegahan harus dilakukan bersama-sama dengan imunisasi lengkap, tindakan deteksi dini kasus, pengobatan kasus, rujukan ke rumah sakit, mencegah penularan, dan memberantas karier. “Jika ada gejala-gejala segera berobat ke pusat pelayanan kesehatan seperti Puskesmas, Dokter atau Rumah sakit,” tutupnya. (firman)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top