Wabup Resmi Buka Tes Potensi dan Kompetensi JPT

0

BOLSEL, dutademokrasi.com–Wakil Bupati (Wabup) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru, Rabu (15/11/2017) dengan resmi membuka tes potensi dan kompetensi seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT). Kegiatan yang dilaksanakan di gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dihadiri tim asesor dr. Deetje J. Solang, Dr. Max Ruwindungan, MPd dan peserta potensi dan kompetensi.

Wabup saat memberikan sambutan mengatakan JPT merupakan jabatan strategis dalam mendukung birokrasi yang progresif, responsif dan partisipatif melalui tugas pelayan publik, tugas pemerintahan dan tugas pembangunan yang diembannya. “Dalam melaksanakan tugas-tugas, setiap pejabat pimpinan tinggi harus menjamin akubtabilitas sesuai dengan jenjangnya masing-masing,” ungkap wabup.

Mengingat tugas strategis yang diemban oleh JPT dan akuntabilitas jabatannya, maka pengangkatan dan penempatan seorang pejabat pimpinan tunggi patut mendapat perhatian khusus. “Dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) secara khusus diatur mengenai JPT dan pengisiannya pada instansi pusat dan daerah melalui sebuah mekanisme seleksi yang objektif berbasis sistem merit,” terangnya.

Tujuan pelaksanaan penilaian potensi dan konpetensi adalah untuk mendapatkan data dan profil pejabat pimpinan tinggi dan administrator yang diperlukan untuk menyusun talent pool secara nasional guna menjadi dasar penilaian atau seleksi lebih lanjut, serta pengembangan kompetensi kepemimpinan kader yang potensial. “Diharapkan pelaksanaan penilaian potensi dan kompetensi guna penyusunan talent pool JPT dan administrator dapat memberikan manfaat baik bagi peserta untuk dapat merencanakan pengembangan dirinya sendiri atau merencanakan karirnya serta manfaat bagi instansi partisipan,” tutup wabup. (firman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here