Bolsel

Kabupaten Bolsel Siap Bangun Pengadilan Agama

BOLSEL, dutademokrasi.comDalam menunjang pelayanan kemasyarakatan, pembangunan gedung Pengadilan Agama di empat wilayah Bolaang Mongondow Raya dicanangkan. Tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya, Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Utara menetapkan 2018 pembangunan mulai berjalan. Kabupaten paling siap di Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Pertemuan bersama dengan Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan H Herson Mayulu dengan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Dr H M. Jamil Ibrahim MH MM yang didampingi oleh tim dari Pengadilan Tinggi Agama, di Hotel Sutanraja-Kotamobagu, Selasa (10/10/2017), menyepakati kerja sama pembangunan tersebut.

Sebagaimana dikatakan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulut Dr H M. Jamil Ibrahim MH MM usai pertemuan, kepada wartawan mengatakan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan sangat mendukung pembangunan Kantor Pengadilan Agama. “Ini adalah bagian dari pelayanan kepada masyarakat yang harus dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini Pengadilan Agama. Di Bolaang Mongondow Raya, ada Empat daerah yang rencana kita akan bangun. Sudah ada titik terang dan direstui langsung oleh bupatinya disertai dengan kesiapan lahannya, baru Kabupaten Bolsel,” kata Ketua Pengadilan Tinggi.

Lanjutnya, Kabupaten Bolsel sejak dua tahun sebelumnya sudah ada informasi terlebih dahulu. “Sebelum saya menjabat di Sulawesi Utara, ini sudah dibicarakan dua tahun yang lalu bersama dengan pak bupati. Tinggal kita lakukan penguatan komunikasi kembali. Alhamdulillah apa yang sudah kita rencanakan mendapat tanggapan yang baik dari Pemerintah kabupaten Bolsel,” tutur Ibrahim.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama juga menambahkan, pihaknya sebatas menganggarkan pembangunan gedung saja. “Untuk tanahnya, hibah langsung dari Pemerintah Kabupaten setempat. Kabupaten Bolsel sudah menyetujuinya dan pertama dari beberapa daerah lainnya,” ujarnya.

Bupati Kabupaten Bolsel H Herson Mayulu SIP, dalam pertemuan tersebut yang juga didampingi oleh ulama Muslim Sulut Habib Muhsin Bilfagih Sag MPd, menuturkan Pemkab Bolsel sudah siap dengan lahan pembangunan pengadilan agama. “Lahannya sudah kita siapkan. Saya pastikan tidak masuk-masuk lorong melainkan didepan jalan trans biar semua bisa melihat bahwa ini adalah Kantor Pengadilan Agama,” kata Bupati.

Untuk sementara waktu, sebelum pembangunan dilaksanakan, Pemkab Bolsel juga sudah menyediakan gedung kantor Pengadilan sementara. “Kalau ingin menggunakan juga Kantor Pengadilan untuk sementara waktu, sambil menunggu pembangunannnya selesai, kami juga dari daerah menyediakannya. Ada gedung yang juga kami siapkan untuk sementara waktu,” ucap Bupati. (firman)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top