Pemkab Bolsel Gunakan Solar Cell Penerangan Perkantoran Panango

0
Kabag Umum Bolsel Cymmy Wua

BOLSEL, dutademokrasi.com—  Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) mulai mengunakan solar cell untuk menerangi Kawasan Perkantoran Panango. Selasa (5/9/2017), sudah terpasang di enam titik yang telah ditetapkan.

Kepala Bagian Umum Setda Kabupaten Bolsel Cymmy Wua mengatakan, saat ini listrik di Bolsel tidak stabil. Sehingga katanya, Bupati H Herson Mayulu mengistruksikan pemasangan solar cell agar Kantor Bupati tetap terang meski listrik padam . “Instruksi pak bupati kita tindaklanjuti. Apalagi solar cell praktis dan hemat karena tidak mengunakan listrik. Daya dalam solar cell diserap lewat sinar matahari,” kata  Cymmy.

Dituturkannya, pemasangan solar cell dibiayai ABPD-P 2017 dengan anggaran sekira Rp150 juta. Solar cell yang dipasang katanya, merupakan keluaran terbaru. “Tiangnya di tanam dan cor sehingga tidak mudah dicuri,” tuturnya.

Selain itu kata Cymmy, cara mengoperasikan sangat praktis karena  hanya mengunakan handphone (Hp) android. “Setiap lampu memiliki nomor ponsel dan password berbeda. Jadi lampu bisa dinyalakan kapan saja dan di mana saja lewat sms ponsel,” kata Cymmy.

Untuk penerangan katanya, akan diatur sesuai waktu. Pukul 18.00 sampai 24.00 Wita pencahayaan diseting 100 persen. Pukul 01.00 sampai 05.00 Wita, 75 persen. “Untuk jam enam pagi sampai jam 6 sore, hanya diatur tiga puluh lima persen,” tukas Cymmy. (firman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here