Dekab Bolmut berharap Pemkab Awasi Ternak Kurban

0
Harga Sapi dan Kambing Naik

BOLMUT, dutademokrasi.com— Dewan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) meminta kepada Pemerintah Kabupaten memalui Dinas Pertanian, Perkebunan Dan Peternakan agar bisa memaksimalkan pengawasan terhadap hewan kurban baik itu sapi maupun kambing yang akan disembelih oleh pemerintah maupun masyarakat yang ada di enam kecamatan di Bolmut.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Dekab Bolmut, Karel Bangko SH saat bertemu dengan sejumlah wartawan, belum lama ini. “Pemeriksaan hewan kurban ini merupakan hal yang wajib dilaksanakan oleh pihak dinas terkait dalam hal ini Bidang Peternakan agar nantinya kondisi hewan yang akan disembeli pada perayaan lebaran qurban (idul Adha) dapat dipastikan aman untuk dikonsumsi dan aman dari penyakit,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan Dan Peternakan Kabupaten Bolmut, Sutrisno Goma melalui Kepala Bidang Zulham Pohontu, mengatakan, bahwa pihaknya dalam menghadapi lebaran idul qurban mengaku siap melakukan pengawasan terhadap hewan qurban yang akan dipotong baik itu dari pemerintah maupun dari masyarakat di Kabupaten Bolmut.

“Kami sampai saat ini dalam tahap berkoordinasi dengan instansi yang ditunjuk oleh pemkab Bolmut dalam menangani hewan kurban Pemerintah yakni Bagian Kesejahteraan Rakyat terkait jumlah ternak qurban yang akan disembelil oleh pemerintah maupun oleh masyarakat kabupaten Bolmut,” jelasnya.

Dia pun mengungkapkan, dengan adanya jumlah data yang ada, maka pihaknya akan lebih mudah dalam melakukan pendataan di enam kecamatan. Pihaknya juga memastikan bahwa ternak sapi maupun kambing yang akan dilakukan sembelih pada perayaan lebaran qurban nanti akan memantau langsung pada proses pemotongan dan itu dilakukan untuk menjamin bahwa daging yang disembelih nantinya terjamin kualitasnya sehat.

“Pihak kami akan memantau pelaksanaan penyembelihan tersebut di enam kecamatan ini baik dari sebelum pelaksanaan pada hari pelaksanaan penyembeliha qurban tersebut, baik pada H minus Satu dan dua hari setelah perayaan ebaran kurban tersebut,” ungkapnya. (tr-4)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here