Bolsel

‘Timolotehe’ Tomini Tampilkan Tradisional

BOLSEL, dutademokrasi.comMalam ‘Timolotohe’ atau pasang lampu, di Kecamatan Tomini yang akan digelar Rabu (21/6/2017) malam nanti, akan menampilkan lampu-lampu traditional. Segaral persiapan pelaksanaannya dilakukan oleh warga. Bahkan sesuai dengan rencana, Tomini akan ikut pula dalam perlombaan tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Camat Tomini Suprin Mohulaingo mengatakan pada pelaksanaan Timolotohe ini, ciri khas tradisional tidak akan dihilangkan. “Kita tetap menggunakan cara tradisional yang biasa dilakukan oleh orang-orang tterdahulu,” kata Suprin.

Menurutnya antusias Timolotohe, yang dilakukan oleh warga patut untuk diberikan apresiasi. “Sempat beberapa waktu yang lalu, pelaksanaan ini redup. Tidak semarak seperti dulu-dulu. Kali ini, kita coba kembali bangkitkan semangat dari masyarakat untuk giat memasang lampu sebagai simbol tradisi kita selama ini,” ungkap Suprin.

Untuk kretifitas pelaksanaannya, Suprin menyebutkan dilakukan oleh masing-masing desa. “Jadi desa yang mengemas sedemikian rupa agar terlihat lebih indah dipandang mata. Tidak ditetapkan secara langsung oleh Pemerintah Kecamatan. Biarlah dari desa mengimajinasi sendiri cara pelaksanaannya,” ucap Suprin. (firman)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

TERPOPULER

To Top