Mohulaingo: Desa Wajib Dirikan BUMDes

0
Kementerian Pertanian Apresiasi Tomini
Suprin Muhalaingo - Camat Tomini

BOLSEL, dutademokrasi.com—Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan salah satu usaha yang dikelolah desa untuk membantu pertumbuhan ekonomi pada desa tertentu. Melihat keuntungan tersebut Suprin Mohulaingo menegaskan seluruh desa di Kecamatan Tomini wajib memiliki BUMDes.

Menurutnya keuntungan jika desa mendirikan BUMDes sangat besar karena memberikan kesejahteraan bagi masyarakat. “Target saya selain program lainnya salah satunya mendorong desa untuk mendirikan BUMDes,” ucapnya.

Dijelaskannya saat ini sistem pengelolaan keuangan yang hampir mirip dengan BUMDes sudah ada yang menerapkan yakni di Desa Botuliodu. “Pengelolaan di desa tersebut sekarang sudah bagus. Bahkan desa tersebut memiliki tanaman unggulan yang dikelolah masyarakat yakni penanaman 40 ribu pohon pisang,” jelasnya.

Ia berharap jika nantinya seluruh desa telah siap dengan BUMDes, akan diterapkan program unggulan baik hasil pertanian, perkebunan dan kelautan masing-masing desa. “Ketika kita membutuhkan jagung, kita tinggal lihat desa mana yang mempunyai program unggulan tersebut, keuntungannya pastinya kembali ke desa,” tutupnya. (firman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here