Bolsel

Gobel Resmi Dilantik Ketua DPRD Gantikan Aliu

BOLSEL, dutademokrasi.comSidang Paripurna Istimewah Pelantikan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan sisa masa bakti 2014-2019 H Abdi Gobel, menggantikan Marsel Salim Aliu yang menyatakan pengunduran diri lalu, Selasa (8/11/2016) secara resmi dilantik.

Sidang Paripurna yang dilaksanakan di gedung DPRD Panango, dipimpin langsung Wakil Ketua I, Abdul Razak Bunsal yang dihadiri oleh Bupati H Herson Mayulu SIP, Wakil Bupati Iskandar Kamaru, SPt, Wakil Ketua II DPRD Fadli Tuliabu SH dan anggota DPRD lainnya, Kepala Kejaksaan Negeri Kotamobagu, Dasplin SH MH, Ketua Pengadilan Kotamobagu, Romel F. Tampubolon, SH, Sekretaris Daerah Indra Damopolii ME, Komandan Kodim 1303 Bolmong yang diwakili oleh Kepala Staf Kodim Mayor Inf. Suwarno, Kapolsek Urban Bolaang Uki Kompol Bahrudin Samin, SKPD, Camat dan Sangadi serta masyarakat.

Abdul Razak Bunsal saat memimpin sidang mengatakan seperti diketahui bersama beberapa waktu lalu, Marsel Aliu telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai ketua DPRD Bolsel yang telah diumumkan dalam dalam sidang paripurna dewan. “Berdasarkan surat yang masuk dari fraksi PDI Perjuangan Nomor 2277/IN/DPP/X/2016, DPRD Bolsel telah menyampaikan kepada gubernur Sulawesi Utara melalui bupati tentang usul penetapan pemberhentian ketua dan pengresmian pengangkatan ketua dewan yang baru,” ungkap Bunsal.

“Dengan diterbitkannya keputusan gubernur Sulawesi Utara Nomor 346 tahun 2016 tanggal 31 Oktober 2016 tentang pengresmian, pemberhentian dan pengangkatan ketua DPRD sisa masa jabatan 2014-2019, maka DPRD telah melaksanakan rapat internal dewan untuk mengagendakan pelaksanaan paripurna istimewah,” terangnya.

Pengambilan sumpah kepada Ketua DPRD baru H. Abdi Van Gobel, SE dipandu oleh Ketua Pengadilan Kotamobagu Romel F. Tampubolon yang disaksikan oleh seluruh hadirin sidang paripurna. “Sebagaimana yang diamanatkan dalam peraturan pemerintah Nomor 16 Tahun 2010 Pasal 40 Ayat 1 yang menyatakan bahwa pimpinan DPRD sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah janji di gedung DPRD yang dipandu oleh Ketua Pengadilan,” jelasnya.

Usai diambil sumpah, Penyerahan SK Ketua DPRD serta Palu Sidang, H. Abdi Van Gobel langsung menempati kursi Ketua DPRD dan lanjut memimpin sidang paripurna.

Saat memimpin sidang, Gobel mengucapkan banyak terima kasih kepada semua yang telah melaksanakan acara pengambilan sumpah ketua DPRD Bolsel. “Semoga Allah SWT akan selalu melindungi kita semua,” ucapnya.

Selaku pimpinan yang baru sangat memahami bahwa momentum ini adalah merupakan awal pengabdian dalam mengemban tugas konstitusional yang lebih berat dan tentunya terbentang tidak sedikit tantangan bahkan harapan masyarakat yang harus diwujud nyatakan. “Setelah resmi dilantik menjadi bagian terpenting dalam penyelenggaraan kepemerintahan sebagai ketua lembaga legislatif daerah Bolsel. Untuk itu sebagai mitra kerja pemerintah, DPRD Bolsel akan memulai langkah awal dengan menjalin hubungan yang harmonis,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati H. Herson Mayulu saat memberikan sambutan mengucapkan selamat kepada ketua DPRD yang baru saja dilantik. Bupati berharap pelantikan ini akan membawa kinerja DPRD Kabupaten Bolsel menjadi semakin dinamis dan meningkat dari waktu ke waktu. “Selamat melaksanakan amanah dan bekerja dengan baik semoga Allah SWT senantiasa melindungi dan meridhoi setiap langkah kita semua dalam mewujudkan Bolsel yang religius, berbudaya, bermartabat maju dan sejahtera,” ujar Bupati.

Dalam konteks otonomi daerah, eksistensi lembaga DPRD mutlak dibutuhkan dan diperhitungkan, mengingat DPRD selain merupakan representasi rakyat juga merupakan unsur penyelenggara pemerintahan di daerah. “Maka dari itu pimpinan DPRD menjadi sangat penting dan strategis. Sebab dalam hubungan penyelenggaraan pemerintah dan pelaksanaan pembangunan daerah, ketua atau pimpinan DPRD merupakan jembatan penghubung antara lembaga DPRD dan pemerintah daerah,” tutup Bupati.

Acara pengambilan sumpah yang diawali dengan pembacaan qalam Ilahi, Bupati berpesan kepada ketua DPRD baru sebelum mengakhiri sambutannya, untuk contoh dan teladan ditengah-tengah masyarakat. (firman)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

TERPOPULER

To Top