Sport

Marc Marquez 99 Persen Tak Bakal Juara MotoGP 2016 … di Motegi

Marc Marquez 99 Persen Tak Bakal Juara MotoGP 2016 … di Motegi

Marc Marquez menyebut dirinya 99 persen ‘tidak bakal juara’ MotoGP 2016 di Motegi. Bukan berarti Baby Alien tiba-tiba saja menyerah ketika ia sudah unggul telak dari Valentino Rossi. Hanya, sang pebalap Spanyol memperkirakan, pertarungan demi gelar juara masih bakal berlanjut hingga GP Australia pekan depan.

Sebenarnya peluang Marc Marquez mendapatkan gelar juara dunia ketiga kalinya akhir pekan ini bukannya tidak ada. Namun untuk memenuhi hal itu, Marquez mesti meraih poin terbanyak di GP Jepang. Selain itu, Jorge Lorenzo tak boleh finish di posisi podium. Juga, Valentino Rossi mesti merampungkan balapan di urutan ke-14 atau lebih buruk lagi.

Bagi Marc Marquez persyaratan ini terlalu berat. Oleh karenanya, ia menyatakan dalam konferensi pers, “(Gelar juara) tidak akan terjadi di sini. Saya yakin 99 persen. Meskipun hal itu bisa saja tercipta, tetapi kemungkinan itu tidak melintas di pikiran saya. Kedatangan saya ke Motegi adalah dengan mental untuk menambah poin.”

Marquez belum pernah menang di Motegi dalam tiga tahun pertamanya di MotoGP. Oleh karenanya Baby Alien nenyebut, “Kita tahu, di antara race tersisa, sirkuit (Motegi) ini adalah yang paling membuat saya menderita. Saya berpikiran positif, tetapi tetap realistis. Sirkuit ini saya lingkari di kalender karena berpotensi merugikan keunggulan saya (jarak bisa terpotong lagi). Tapi kita lihat saja nanti.”

Marc Marquez melakukan pendekatan berbeda di setiap sirkuit. Oleh karenanya, jika di Aragon, sang pebalap Repsol Honda tampil agresif untuk melesat ke posisi pertama, lain cerita di Motegi. Ia bakal lebih hati-hati dan memilih menggunakan prinsip untuk meraih “poin maksimal yang paling mungkin dicapai.”

klasemen-motogp-2016-terbaru-valentino-rossi-tinggal-43-poin-dari-marc-marquez-2-640x426

Ditambahkan sang juara MotoGP 2013, “Dua pebalap Yamaha (Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo) begitu cepat setiap tahunnya di sini. Jika kami berada di Aragon, saya akan berani bertaruh (untuk mendapatkan 25 poin dan bertarung mati-matian). Tapi ini bukan Aragon. (Taktik agresif) bisa merugikan kami lebih banyak lagi.”

Lalu apakah Marc Marquez cuma ingin mencapai poin kecil saja? Jawabannya tidak. Ia memperkirakan Valentino Rossi akan all-out, dan berpotensi mendapatkan 25 angka. Oleh karena itu, Marquez menargetkan bisa mencapai podium.

“Kami akan berusaha untuk menipiskan potensi kehilangan poin, tapi ini bermakna, target masuk podium. Pasalnya, Motegi adalah sirkuit yang bisa dinikmati Valentino Rossi dengan sangat baik.”

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

TERPOPULER

To Top